Nama :
Zaeni Akmal
NIM :
16490032
Prodi :
MPI B2016
Perbandingan Misi dan Visi
Misi adalah tujuan utama dari sebuah organisasi. Misi
menginformasikan para pembaca dan customer mengenai nilai-nilai inti dari
organisasi Anda. Misi itu seperti prioritas bisnis Anda, metode Anda, atau
nilai-nilai kerja yang diikuti organisasi Anda demi mencapai tujuan.
Di sisi lain, visi adalah tujuan jangka panjang yang Anda
bayangkan demi perkembangan organisasi Anda. Visi adalah masa depan, misi
adalah masa kini, sebagai alasan dari eksistensi organisasi Anda.
Contoh-Contoh
Google
Beberapa perusahaan cenderung menyamakan visi dan misi. Contohnya misi Google, sebagaimana tercantum pada situsnya adalah: "Untuk mengorganisir informasi yang ada di dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal."
Beberapa perusahaan cenderung menyamakan visi dan misi. Contohnya misi Google, sebagaimana tercantum pada situsnya adalah: "Untuk mengorganisir informasi yang ada di dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal."
Jika kita
renungkan sebentar pernyataan tersebut, kita akan sadar bahwa pernyataan itu
seharusnya menjadi visi, karena itulah yang apa Google ingin capai; membuat
pencarian informasi menjadi mudah, lebih cepat, dan dapat diakses secara
universal.
Toyota
Visi : "Menjadi perusahaan mobil yang paling sukses dan dihormati di Amerika."
Visi : "Menjadi perusahaan mobil yang paling sukses dan dihormati di Amerika."
Misi : "Untuk
menarik dan memperoleh pelanggan dengan produk dan layanan bernilai tinggi
serta pengalaman kepemilikan yang paling memuaskan di Amerika."
Seperti yang kita lihat dari kedua
contoh diatas, meski mungkin terdapat beberapa ambiguitas dalam penggunaan
kedua istilah tersebut; dapat disimpulkan bahwa misi adalah metode, tujuan,
serta rencana yang akan Anda laksanakan demi mencapai tujuan akhir Anda;
sedangkan visi adalah impian Anda, tujuan holistik yang mencakup filosofi utama
perusahaan Anda.
images from :
Komentar
Posting Komentar